Jumat, 17 Maret 2017

Asyiknya Praktikum Kemagnetan


Salah satu materi yang dibelajarkan melalui metode eksperimen/praktik adalah kemagnetan. Dalam pembelajaran kali ini, praktik digunakan untuk memantik rasa ingin tahu siswa tentang segala hal yang berkaitan dengan magnet, khususnya tentang teori dasarnya. Praktikum kali ini bersumber Buku Siswa Kurikulum 2013, serta dapat dimodifikasi sesuai ketersediaan alat dan bahan di laboratorium.

Terdapat tiga praktikum yang dilakukan siswa, yaitu :
  1. Sifat Kemagnetan Bahan
  2. Pola Medan Magnet
  3. Membuat Magnet
Praktikum dapat dilakukan dalam 5 jam pelajaran, dengan rincian 3 jam pelajaran untuk praktik dan 2 jam untuk presentasi dan pembahasan. 

Pada pembelajaran yang penulis laksanakan, terdapat hal-hal menarik yang ditemui yaitu :
  1. Siswa antusias melakukan praktikum. Saat praktikum, siswa menemukan suasana pembelajaran yang berbeda dari pembelajaran di kelas. Siswa juga menunjukkan kesungguhan dan rasa ingin tahu yang lebih besar.
  2. Ketertarikan siswa yang besar menyebabkan aktivitas yang kadang tidak terkendali. Oleh karena itu, guru perlu secara intensif mendampingi dan memantau aktivitas siswa.
  3. Pada praktikum "Sifat Kemagnetan Bahan", masih terdapat apersepsi tentang logam yang dapat ditarik dan tidak dapat ditarik magnet. Pada praktikum ini, hanya dapat dibedakan sifat magnetik dan non magnetik saja, tidak sampai benda feromagnetik, paramagnetik dan diamagnetik.
  4. Pada praktikum "Pola Medan Magnet" siswa takjub dengan pola pasir besi terhadap magnet. Siswa perlu didampingi dalam menggambar pola medan magnet, mengingat arah medan magnet adalah kesepakatan ilmuwan untuk memudahkan pemahaman. pada realitanya, tidak aada arah garis gaya magnet dari kutub utara ke kutub selatan.
  5. Pada praktikum "Membuat Magnet", perlu ditekankan ke siswa kutub-kutub yang diperoleh pada saat membuat magnet. Mengingat indikator kompetensi ini sering keluar di Ujian Nasional.
  6. Pada kesempatan ini, guru meminta siswa untuk mendokumentasikan ;angkah praktikum menggunakan kamera hp, kemudian menyusunnya menjadi kolase. Idealnya, setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil kolasenya, namun karena keterbatasan waktu, kolase hanya dikumpulkan. Ke depan, perlu pengaturan waktu yang lebih baik.
Berikut beberapa foto kolase hasil karya siswa.
Pola Medan Magnet
Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
Membuat Magnet dengan Cara Induksi
Membuat Magnet dengan cara Elektromagnet

Demikian sedikit ulasan tentang praktikum kemagnetan yang penulis laksanakan. Lembar petunjuk praktikum dapat diunduh disini(klik disini)

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar