Minggu, 26 Maret 2017

Pembentukan Bayangan oleh Lensa Cembung

Salah satu sifat cahaya adalah dibiaskan saat merambat diantara dua medium yang berbeda. Pembiasan salah satunya terjadi pada lensa, benda bening yang dibatasi dua permukaan. Dalam kehidupan sehari-hari, lensa banyak dimanfaatkan pada alat kacamata, mikroskop, teleskop dan alat optik lainnya. Bahkan, setiap manusia memiliki lensa berupa mata. Oleh karena itu, penting sekali kita mempelajari gejala-gejala pada lensa.
Percobaan pembentukan bayangan oleh lensa cembung
Pada praktikum kali ini, kita akan mempelajari pembentukan bayangan pada lensa. Tujuan praktikum yaitu menentukan sifat dan kedudukan bayangan dibentuk lensa cembung serta menyelidiki hubungan antara jarak benda (S0), jarak bayangan(S1) dan jarak titik api lensa(f). Alat yang digunakan yaitu kit optik dengan rancangan seperti gambar berikut.


Skema percobaan https://blogfisikaku.files.wordpress.com/2011/06/lensa.jpg
Langkah yang dilakukan siswa saat praktikum yaitu mengubah jarak benda dengan menggeser lensa cembung. Kemudian, siswa menggeser layar untuk menentukan bayangan yang paling jelas. Selanjutnya, siswa menentukan sifat bayangan tersebut. Langkah ini dilakukan untuk kedudukan benda selanjutnya, yaitu pada jarak 40cm, 50cm dan 60cm.  


         Materi lensa diajarkan setelah materi pembentukan bayangan pada cermin sehingga siswa sudah mengetahui definisi bayangan nyata dan maya. Di awal praktikum, guru dapat mengajukan pertanyaan tentang bayangan maya dan nyata pada siswa. Konsep ini memang perlu ditekankan terus menerus. Hal lain yang perlu menjadi perhatian guru adalah konsistensi acuan saat mengukur jarak pada rel mekanik. Pada hasil pengamatan, jarak bayangan yang diperoleh tidak sama persis menunjukkan hasil sama dengan perhitungan persamaan. Hal ini perlu dikonfirmasi guru dengan membandingkan hasil yang diperoleh semua kelompok. 

Demikian sedikit ulasan tentang praktikum ayunan sederhana. Petunjuk praktikum dapat diunduh disini(KLIK DISINI)

1 komentar:

  1. petunjuk praktikum kok gak bisa dibuka? izin bertanya sebelumnya bagaimanakah dengan ralatnya? ralat apa yang diopakai?

    BalasHapus