Sabtu, 18 Maret 2017

Ayunan Sederhana

Siswa melakukan praktikum ayunan sederhana

Praktikum ayunan sederhana dilakukan pada kelas 8 semester 2. Pada praktikum ini, siswa diharapkan mampu mengukur simpangan, menghitung periode dan frekuensi suatu getaran. Selain itu, siswa juga diharapkan mampu menganalisis hubungan antara simpangan dan frekuensi serta panjang tali dengan frekuensi.


Alat dan bahan yang diperlukan stop watch, statip, benang secukupnya, bandul dan mistar. Secara umum, pelaksanaan praktikum ini cukup sederhana. Terdapat dua sesi praktikum. Pertama, siswa mengubah simpangan dan menghitung frekuensi pada panjang tali yang sama. Kedua, siswa mengubah panjang tali dan menghitung frekuensi pada simpangan yang sama.

Model ayunan sederhana
Kesulitan pada praktikum ini yaitu :

  • Hitungan frekuensi siswa. Hal ini disiasati dengan menghitung ayunan pada waktu yang tetap dan tidak terlalu lama, misal 20 atau 40 detik.
  • Analisis tabel pengamatan siswa. Mengingat siswa belum memahami statistik, deviasi yang tidak signifikan masih dianggap sebagai perbedaan. Hal ini menyebabkan kesimpulan yang diambil salah. Hal ini disiasati dengan membandingkan hasil semua kelompok kemudian dikonfirmasi oleh guru.

Meskipun termasuk praktikum sederhana, hasil yang diperoleh pada praktikum ini menjadi dasar dari materi selanjutnya yaitu bunyi, salah satunya pengetahuan tentang panjang tali dan frekuensi, diterapkan pada hubungan antara panjang senar dan frekuensi yang dihasilkan gitar.

Demikian sedikit ulasan tentang praktikum ayunan sederhana. Petunjuk praktikum dapat diunduh disini(KLIK DISINI) 

Semoga Bermanfaat

Kukuh Sugandi (Guru IPA SMP Negeri 3 Taman)

0 komentar:

Posting Komentar